Komputer Generasi Pertama

Seperti apa komputer generasi pertama yang muncul pada awalnya. Setelah melalui banyak perkembangan yang sangat maju, komputer generasi pertama sekarang sudah berubah menjadi amat canggih dengan macam-macam bentuk. Mulai dari komputer PC, laptop, handphone, bahkan komputer dalam bentuk jam tangan juga mempunyai dasar dari pengembangan alat dengan teknologi canggih ini yang disertai dengan sarana telekomunikasi mulai dari suara, gambar dan lainnya, termasuk juga internet.

Komputer generasi pertama muncul pada perang dunia yang kedua. Negara yang terlibat dalam perang dunia tersebut saling berlomba untuk menciptakan suatu alat canggih untuk mendukung peralatan dan berbagai strategi yang dibutuhkan. Kemudian pada tahun 1941 Konrad Zuse, insinyur yang berasal dari negara Jerman membuat sebuah komputer yang dinamakan Z3. Komputer generasi awal Jerman ini digunakan untuk membantu pengerjaan peluru kendali dan design pesawat terbang waktu itu.

Di lain pihak, dari belahan Sekutu juga membuat kemajuan dalam mengembangkan teknologi komputer. Negara Inggris pada tahun 1943 mencapai kemajuan dalam perkembangan teknologi terbaru di jaman itu. Colossus, sebuah komputer yang dibuat Inggris yang khusus dibuat untuk memecahkan kode rahasi Jerman. Tetapi, komputer awal dari negara Inggris ini tidak banyak berdampak untuk kemajuan dan perkembangan komputer secara keseluruhan. Bisa dimengerti, mengingat keadaan waktu itu yang mengkhususkan komputer sebagai alat bantu untuk memenangkan perang. Colossus hanya diperuntukkan khusus untuk memecahkan kode Jerman, jadi bukan berupa komputer yang bisa dipakai secara umum seperti yang kita bayangkan sekarang ini. Selain itu, komputer buatan Inggris ini juga dirahasiakan keberadaanya. Bahkan sampai satu dekade kemudian setelah perang dunia kedua berakhir.

Sementara, Amerika juga membuat kemajuan pada generasi komputer pertama ini. Seorang insinyur Harvard yang bernama Howard H. Aiken (1900-1973), bekerja di IBM juga berhasil membuat sesuatu untuk US Navy, yaitu kalkulator elektronik. Dan harap dimaklumi, karena ini masih dalam tahap awal penemuan dan pengembangan peralatan dengan dasar komputer, kalkulator elektronik buatan Howard H. Aiken tersebut berukuran sangat besar bila dibandingkan dengan yang sekarang ada. Ukurannya panjang setengah lapangan sepak bola, dengan menggunakan kabel sepanjang 500 mil. Kalkulator super jumbo itu bernama Mark I atau The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator. Kalkulator ini dirancang dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai penggerak pada komponen mekanik. Kinerja kalkulator generasi pertama tersebut berjalan dengan sangat lambat, bila dibandingkan dengan yang sekarang ada. Membutuhkan waktu antara 3 sampai 5 detik dalam setiap perhitungan yang diinputkan, dan bisa melakukan perhitunagan pada persamaan yang kompleks dan aritmatika dasar.

Generasi komputer pertama yang kemudian bisa dipakai secara serbaguna (general purpose computer) adalah ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. Komputer ini mengalami kemajuan yang signifikan, dengan kinerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mark I, menggunakan 18 ribu tabung vakum dengan 70 ribu resistor dan sebanyak 5 juta kali penyolderan pada komponennya. Dan tentu saja masih dengan ukuran jumbo dan banyak memakan daya yaitu sebesar 160kW. Komputer ini kerja bareng antara University of Pennsylvania dan pemerintah Amerika Serikat, dengan dua perancang utama John W. Mauchly (1907-1980) dan John Presper Eckert (1919-1995).

Sementara itu, sekitar pada pertengahan tahun 1940, John von Neumann (1903-1957) yang bergabung dengan tim berasal dari University of Pennsylvania, menciptakan konsep design untuk komputer. Dan design komputer tersebut kemudian masih terus terpakai selama 40 tahun kemudian. EDVAC atau Electronic Discrete Variable Automatic Computer akhirnya jadi pada tahun 1945, dengan menggunakan memori yang berfungsi untuk menampung data dan menjalankan program pada operasi komputer. Bagian utama dari EDVAC adalah sebuah CPU, sebuah unit pemrosesan sentral dimana semua kerja serta fungsi komponen komputer di koordinasi dan dikontrol dari satu sumber. Dan selang 6 tahun kemudian, Remington Rand membuat UNIVAC I atau Universal Automatic Computer I, dengan menggunakan rancangan design dari EDVAC dan merupakan komputer yang dikomersialkan pertama kala itu.

Pada komputer generasi pertama mempunyai karakter instruksi operasi yang masing-masing dibuat secara spesifik dengan program kode yang berbeda-beda. Dan ini kemudian menyebabkan komputer generasi awal tersebut menjadi lebih susah untuk diprogram dan juga terbatas pada kecepatan kerjanya. Penggunaan perangkat seperti silinder magnetik yang berfungsi sebagai penyimpanan data dan juga tube vakum, ini yang menyebabkan ukuran menjadi lebih besar pada komputer generasi pertama tersebut.

1 comments:

hamzah pas said...

izin copas dong

Post a Comment