Mengapa Langit Berwarna Biru

Mengapa langit berwarna biru, apa sebabnya? Pertanyaan yang sederhana tetapi menarik, berikut ini artikel tentang mengapa langit berwarna biru. Ketika cuaca sedang cerah, tidak mendung pada siang hari kita akan melihat langit berwarna biru, dan ini juga sering dipakai orang untuk istilah "biru langit". Tetapi sangat jarang ditemukan langit benar-benar bersih tanpa sedikitpun awan putih, secerah apapun keadaan pada saat siang hari, biasanya ada selalu awan putih yang menyertainya. Mungkin banyak orang yang menyukai warna biru, dan dan ini dianggap untuk mewakili dari sifat tenang serta mandiri, tetapi tentunya ini bukan merupakan kepastian, karena menurut saya tidak ada hubungannya antara pilihan warna dengan sifat dan kepribadian seseorang, hanya kira-kira saja.

Mengapa Langit Berwarna Biru?


Nah ini mungkin bisa bermacam versi yang dikemukakan, ada yang berpendapat, biru adalah warna pada batas pandang manusia. Dan ketika kebetulan mampir ke yahoo answer, ada jawaban lucu dan konyol "emang udah dari sononnya Gan," atau "nanti kalau warnanya coklat dikerubutin semut," waduh, :D iya juga.

Ada jawaban yang sangat panjang untuk ini, tetapi mungkin yang singkat berikut ini bisa menjawab mengapa langit berwarna biru.

Di dalam atmosfir bumi, terdapat butiran atau partikel debu dan juga terdapat kandungan molekul gas kecil. Ketika siang hari cerah dan tidak mendung, matahari bersinar masuk ke dalam atmosfir dan bertemu dengan partikel debu serta molekul gas tersebut.

Dan seperti diketahui, warna matahari terdiri dari berbagai macam warna (seperti pada pelangi). Untuk jenis warna kuning dan merah, ini mempunyai gelombang sinar yang lebih panjang dari lainnya, dan bisa menembus serta melewati pariktle debu dan molekul gas yang terdapat pada atmosfir.

Tetapi pada warna biru, mempunyai gelombang sinar yang lebih pendek, ini tidak berhasil menembus melalui dua macam kandungan atmosfir tadi. Dan kemudian sinar biru dari matahari tadi akan kembali dipantulkan ke atas atmosfir. Dan ini sebabnya mengapa langit berwarna biru. Begitu juga kejadian yang terjadi pada warna biru di laut atau danau.

Itulah mengapa langit berwarna biru, dan banyak pertanyaan sederhana lainnya yang ternyata juga harus dicari jawabannya, misalnya ketika lilin yang menyala ditiup, kemana larinya api. Atau kenapa malam gelap, kalau malam bisa terang, kita tidak memerlukan listrik, ada-ada saja.

0 comments:

Post a Comment