Jenis Asuransi Jiwa Termlife

Mengenal jenis-jenis asuransi jiwa, bagaimana kita bisa menentukan sebuah asuransi jiwa terbaik. Sedangkan paling sering agen asuransi menawarkan produk yang mereka jual, bukan berdasarkan kebutuhan dan sesuai keinginan kita. Bagaimana penjelasan dari agen asuransi jiwa tentang produk mereka, kadang membuat calon nasabah asuransi hanya termangu-mangu tanpa tahu dan paham secara persis. Tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis asuransi jiwa yang terutama yang sekarang ada di Indonesia.

Secara garis besarnya, jenis asuransi di Indonesia terbagi menjadi dua, asuransi tradisional dan non tradisional. Dan asuransi tradisional terdiri dari tiga jenis lagi:
* Asuransi whole life atau seumur hidup

Asuransi Termlife (Berjangka)

Pada jenis asuransi ini, perusahaan asuransi hanya memberikan jaminan proteksi dalam waktu yang telah ditentukan, ini bisa sangat pendek (beberapa jam) atau bisa sampai 20 tahun. Asuransi berjangka ini, bila tidak terjadi sesuatu resiko, maka uang asuransi yang sudah disetorkan tidak akan dikembalikan atau hilang.
Premi untuk asuransi termlife ini paling murah bila dibandingkan 2 jenis asuransi jiwa lainnya. 

Dengan uang pertanggungan yang lebih besar, ini bisa mencapai hitungan milyar Rupiah, dan premi yang lebih ringan. Jenis ini juga tidak mempunyai nilai tukar tunai, apabila ketika kontrak asuransi yang sudah disepakati sejak awal berakhir, dan tertanggung masih hidup, sehat serta tidak terjadi suatu apa, maka tidak ada uang yang akan dikembalikan kepada tertanggung.

Tetapi asuransi berjangka ini lebih banyak tidak disukai, terutama karena tidak ada pngembalian dana ketika masa kontrak asuransi berakhir dan tidak terjadi sesuatu apapun pada tertanggung. Untuk mengurus asuransi termlife ini juga sedikit lebih susah, ini disebabkan karena uang pertanggungan asuransi lebih besar. Sebelum memperoleh jenis asuransi ini, calon tertanggung juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan, bila tidak lolos pemeriksaan, maka asuransi jiwa jenis termlife ini tidak bisa dimiliki.

1 comments:

Planet Bisnis Online said...

Informasi yang sangat bermanfaat. Saya memahai asuransi merupakan upaya mempersiapkan proteksi untuk waktu yang kita butuhkan. Dan asumsi saya asuransi ibarat payung di musim hujan, atau mungkin ibarat lilin disaat lampu padam. anyway informasinya sangat bermanfaat sob. Terimakasih sharing informasinya.

Post a Comment