Asuransi Unit Link Investasi dan Proteksi

Asuransi Unit Link adalah jenis berikutnya setelah asuransi jiwa termlife, whole life dan endowment (dwiguna). Unit link merupakan gabungan antara asuransi jiwa, kesehatan sekaligus investasi yang berbentuk reksadana. Untuk asuransi jiwa dan kesehatan dalam kelompok unit link ini merupakan tipe term, tergabung dalam unit link dan akan saling berpengaruh antara ketiganya. Pengelolaan dana yang diinvestasikan dalam reksadana biasanya dikelola tersendiri oleh fund manager (pengelola reksadana) yang bekerjasama atau ditunjuk perusahaan asuransi.

Pada beberapa perusahaan asuransi bisa mempunyai fund manager sendiri, tetapi biasanya juga ini akan berada di luar jalur asuransi. Jenis asuransi unit link adalah:

Premi tunggal (asuransi jiwa unit lini single). Jenis ini mempunyai kekhasan ciri sendiri, pembayaran premi bisa dilakukan secara lump sum atau sekaligus. Asuransi jiwa ini sesuai untuk yang menginginkan berinvestasi dalam waktu yang panjang, biasanya pada seseorang yang mempunyai kelebihan dana tidak terpakai dan ingin mengembangkan dana tersebut.

Premi berkala (unit link reguler), pembayaran premi asuransi ini dilakukan secara reguler atau berkala, dan ini juga merupakan cara investasi jangka panjang. Seseorang yang memilih jenis unit link reguler ini biasanya mempunyai keinginan untuk tetap berinvestasi tetapi juga terproteksi atau pada seseorang yang masih aktif bekerja dan berinvestasi untuk mempersiapkan tabungan di masa depan.

Memang akan sedikit rumit dan harus benar-benar cermat ketika menentukan perusahaan asuransi jiwa terbaik atau ketika hendak berinvestasi. Bukan sekali dua kali kejadian, ketika seseorang ingin berinvestasi dengan tujuan mengembangkan dana, kemudian malah terpuruk dan kehilangan dananya, ini juga yang terjadi pada semacam berita akhir-akhir ini tentang maraknya koperasi untuk investasi dengan imbalan yang sangat 'tidak masuk akal'.

0 comments:

Post a Comment