Sejarah Internet Indonesia

Akan menarik menelusuri sejarah internet Indonesia, bagaimana kecanggihan teknologi internet ini bisa merambah negara kita. Sejarah internet Indonesia berawal pada sekitar awal tahun 1990, 12 tahun lalu. Pada saat itu, namanya bukan internet seperti sekarang ini, tetapi paguyuban network. Dan paguyuban network waktu itu mempunyai manfaat dan tujuan lebih kepada semangat gotong royong, kekeluargaan dan semangat kerja sama. Ya seperti kebanyakan paguyuban sosial lainnya juga bermula dari semangat tersebut. Dan pada saat sekarang, manfaat internet mulai jauh bergeser atau berkembang ke arah yang lebih luas lagi. Mulai bersifat individual dan juga komersial.

Nama-nama tokoh internet yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan sejarah internet Indonesia antara lain:
• M. Samik-Ibrahim
• Suryono Adisoemarta
• Muhammad Ihsan
• Robby Soebiakto
• Putu
• Firman Siregar
• Adi Indrayanto
• Onno W. Purbo

Tahun 1994, menjadi awal sejarah internet Indonesia ke arah yang lebih maju. ISP (Internet Service Provider), IndoNet yang secara komersial beroperasi pertama kali. Pada masa tersebut, masih sangat sedikit sekali pengguna internet di Indonesia. Dan juga pihak POSTEL juga belum mulai merambah dan mengetahui adanya manfaat internet untuk bisnis online. Dan kemudian mulai menjamurlah ISP lain yang memperoleh ijin dari Pemerintah Indonesia. Dan teknologi di bidang internet semakin berkembang pesat di Indonesia sampai saat ini.

Dan waktu ini, jaringan internet semakin bertambah maju dengan pesat, dengan biaya relatif murah dan juga alat yang mudah didapat. Bukan hanya oleh kalangan profesional, level pendidikan atas dan bisnis, tetapi  di hampir semua kalangan. Dan semoga saja dengan seiring perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat, akan semakin menambah kemajuan dan berdampak pada semakin canggihnya teknologi internet di masa depan. Dan semoga saja hal ini akan semakin membuka peluang kepada khususnya bangsa Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa bersaing di kancah internasional. Itulah sedikit, sekelumit, dan sekilas sejarah internet Indonesia.

0 comments:

Post a Comment